Refleksi Kritis dan Harapan serta Ekspektasi

Modul 1.1. a.3 Refleksi Kritis dan Harapan serta Ekspektasi 

     REFLEKSI FILOSOFI PENDIDIKAN NASIONAL

KI HAJAR DEWANTORO

A. Pendidikan Dan Pengajaran

    Menurut Ki Hajar Dewantara pengajaran dan pendidikan dilaksanakan untuk mempersiapkan anak - anak agar bisa memiliki bekal untuk hidup di masyarak. Selain itu, pengajaran dan pendidikan memiliki maksud untuk mewujudkan manusia yang merdeka. Manusia yang merdeka adalah manusia yang hudup lahir dan batinnya tidak tergantung kepada orang lain. Dengan kata lain manusia yang merdeka adalah manusia yang bisa bersandarvatas kekuatan sendiri. 

          Dalam Proses Pengajaran dan Pendidikan, Ki Hajar Dewantara juga mengingatkan agar pendidikan memperhatikan kodrat alam dan kodrat zaman. Kodrat alam berkaitan dengan lingkungan alam sekitar siswa. Artinyapendidikan yang diberikan kepada anak harus memperhatikan lingkungan, karakteristik daerah, sosial kultural, masyarakat sekitar dan semua hal yang ada dilingkungan siswa. 
Pendidikan harus memperhatikan kodrat zaman artinya guru harus memberi bekal pendidikan kepada siswa harus sesuai dengan zamannya. Dengan memperhatikan kodrta zaman, siswa akan menjadi manusia merdeka yang siap dengan tuntutan zaman.

B. Relevansi Pemikiran KHD dengan Konteks Pendidikan di Indonesia
 
         Relevansi Pemikiran KHD " Pendidikan yang berhamba / berpihak pada anak, yaitu pendidikan harusnya berpusat pada peserta didik yakni peserta didik bukan dilihat sebagai subyek. Berikan mereka kesempatan dan fasilitas mereka dalam mencapai tujuan pemeblajaran

C. Harapan dan Ekspektasi

        Setelah mempelajari modul I, saya berharap sebagai seorang pendidik bisa menerapkan pemikiran-pemikiran KHD secara menyeluruh dalam pembelajaran. Dengan penerapan pemikiran KHD, saya yakin bisa menjadi guru yang merdeka dalam mengajar. Dengan merdeka mengajar, saya akan lebih menikmati proses pembelajaran dan tugas mengajar menjadi sesuatu yang membahagiakan dan tentunya bukan suatu beban.

       Harapan saya kepada murid-murid setelah saya mempelajari modul ini adalah murid bisa mengoptimalkan potensi yang ada di dalam dirinya. Mereka bisa belajar tanpa adanya tekanan. Mereka bisa mendapatkan pembelajaran bermakna, yakni pembelajaran yang bisa dirasakan manfaatnya oleh para siswa.

      Kegiatan  yang saya harapkan dalam modul ini adalah kegiatan kolaborasi yang ke depannya memberi pengalaman berharga bagi saya. Materi yang saya harapkan dalam modul ini adalah materi-materi yang memudahkan saya untuk membuat pembelajaran lebih bermakna. Sementara itu, manfaat yang saya harapkan setelah mempelajari modul ini adalah saya bisa memahami pemikiran-pemikiran KHD dan bisa menerapkannya dalam pembelajaran secara nyata.